Site icon PKBM HolyStar

How to Encourage Your Child to Love Learning

Cara Mereka Belajar

  1. Selera Lingkungan Belajar (Dunn & Dunn) – merancang lingkungan belajar yang ideal
  2. Modalitas (Barbe-Swassing) – mempelajari strategi untuk mengingat
  3. Memproses Informasi secara Analitis/Global (Witkin) – mengenali metode belajar & kecakapan belajar dengan efektif
  4. Multi Kecerdasan (Gardner) – mengenali 7 jenis kecerdasan
  5. Gaya yang berkaitan dengan Pikiran (Gregorc) – mengetahui bagaimana pikiran bekerja

Ad 1. Selera Lingkungan Belajar (Dunn & Dunn) – merancang lingkungan belajar yang ideal

ad 2. Modalitas (Barbe-Swassing) – mempelajari strategi untuk mengingat

ad 3. Memproses Informasi secara Analitis/Global (Witkin) – mengenali metode belajar & kecakapan belajar dengan efektif

Test Global – Analitis

Ketika belajar, apakah biasanya Anda:

1.A. lebih suka sendirian daripada bersama orang lain atau kelompok

   B. lebih suka bersama bersama orang lain atau kelompok daripada sendirian

2.A. menyelesaikan 1 tugas sebelum beralih ke tugas berikut.

   B. memulai yang baru sekalipun yang terdahulu belum selesai.

3.A. memulai sesuatu tanpa melihat bagaimana orang lain mengerjakannya.

   B. lebih suka menunggu orang lain mengerjakannya dulu sebelum memulai

4.A. lebih mudah mengingat yang rinci daripada mengingat ide utama

   B. lebih mudah mengingat ide utama daripada yang rinci

5.A. lebih suka menjawab test betul/salah & pilihan ganda dengan 1 jawaban benar

   B. lebih suka menjawab tes esai yang memerlukan penjelasan

6.A. untuk berkonsentrasi, diperlukan meja & lingkungan yang bersih

   B. tidak terpengaruh oleh meja & lingkungan yang bersih

7.A. merasa waktu terbuang percuma jika hasil pekerjaan tidak dinilai guru

   B. selama pekerjaannya diakui, tidak masalah jika tidak diberi nilai

8.A. lebih suka memacu diri sendiri daripada bersaing dengan orang lain

   B. lebih suka bersaing dengan orang lain daripada memacu diri sendiri

9.A. lebih suka diberi beberap pilihan untuk menyelesaikan suatu pekerjaan

   B. Lebih suka kalau guru memberitahukan 1 cara yang tepat.

10A. mau memeriksa nilai hasil tes untuk mengoreksi jawaban yang salah

    B. mau mengamati, tetapi tidak bersedia membetulkannya.

11A. tidak menghiraukan gangguan saat bekerja atau belajar

    B. sulit berkonsentrasi kalau ada gangguan

12A. lebih suka kalau tugas diberikan & dikerjakan secara bertahap

    B.  perlu mengetahui seluruh tugas sebelum mengerjakannya secara bertahap

13A. mandiri dalam mengambil keputusan

    B. minta pendapat orang lain jika tidak yakin bagaimana membuat keputusan

14A. tidak sakit hati jika orang lain menilai yang dilakukan anda salah

    B. secara otomatis anda tersinggung bila ada kritikan terhadap kesalahan anda

15A. jika tidak bisa mengerjakan soal tes, anda beralasan soal-soal itu tidak pernah diajarkan

    B. menyalahkan diri sendiri kalau tidak bisa menjawab soal tes padahal anda sudah belajar dgn baik

Total: A_____   B ______

Jumlahkan jawaban anda, jika kolom A lebih banyak, berarti anda analitis, jika kolom B lebih banyak, berarti anda lebih global.

Menaruh Perhatian

Sewaktu mendengarkan suatu informasi baru, mereka yang

Mengikuti Petunjuk

Pertama, beritahukan Apa yang akan dikerjakan, kemudian katakan Bagaimana cara mengerjakannya

Kerapian & Manajemen Waktu

Karena sistem sekolah tradisional dirancang sangat analitis, mereka yang Analitis tidak bermasalah dalam manajemen waktu maupun penyimpanan barang-barang. Sedangkan yang Global sering tidak cocok dengan struktur sekolah tradisional.

Analitis Dominan

Global Dominan

Memanfaatkan Test

Memahami Guru

Yang terbaik adalah apabila siswa global mendapat guru analitis, sehingga mampu memberi siswa global pengertian tentang kerapian. Siswa Analitis justru berhasil dengan guru yang global karena ia akan mendapat gambaran secara menyeluruh, bukannya hal-hal rinci semata.

ad 4. Multi Kecerdasan (Gardner) – mengenali 9 jenis kecerdasan

  1. Lingustik

Kemampuan verbal, amat pandai dalam menulis, membaca, berbicara & berdebat. Banyak wartawan, guru & penyair dikaruniai kecerdasan lingustik, krn test IQ konvensional memberi nilai tinggi pada kemampuan-kemampuang lingustik, orang yang dengan kemampuan lingustik dianggap lebih cerdas.

  1. Matematis-Logis

Kemampuan seseorang dalam hal angka, pola & logika, nilai test IQ konvensional akan cukup tinggi. Mereka seringkali menjadi ilmuwan, pakar matematika & filsuf hebat.

  1. Spasial

Kemampuan berpikir tentang suatu ruang, memberi anda kemampuan untuk membuat membayangkan, menciptakan atau menyusun kembali sebuah gambaran atau situasi tertentu dengan jelas. Mereka seringkali menjadi arsitek, ilmu gambar bangunan & ilmu gambar mekanik.

  1. Musikal

Mencakup kepekaan atau penguasaan terhadap nada, irama, pola-pola ritme, tempo, instrumen dan ekspresi musik sehingga seseorang mampu menyanyikan lagu, memainkan musik, dan menikmati musik.

  1. Kinetik-Jasmani

Kemampuan gerak tubuh atau aktivitas fisik. Mahir menggunakan kecekatan tangan seperti ahli bedah atau mekanik, bidang seni (aktor/aktris), aktivitas fisik (atlet & pelatih olah raga). Orang kinetik-jasmani sering merasakan “adanya dorongan untuk bergerak” & hidup mereka penuh dengan gejolak-gejolak fisik. Makin dipaksa untuk duduk diam, anak-anak seperti ini makin gelisah.

  1. Interpersonal

Hubungan antar perorangan memungkinkan mereka yang memilikinya berbakat dalam memahami, menghargai & bergaul baik dengan orang lain. Orang seperti ini mempunyai indera keenam sewaktu harus membaca pikiran orang lain.

  1. Intrapersonal

Karunia untuk memahami & mengenal diri sendiri; siapa dia sebenarnya & bagaimana ia bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan yang luas. Mereka memiliki konsep diri yang lebih positif dibandingkan orang lain & mereka tidak bergantung pada pendapat orang lain ketika menentukan sasaran hidup maupun mengungkapkan aspirasi mereka. Mereka bisa kita anggap terlalu tertutup & pemalu, padahal karakteristik itu sebetulnya mengindikasikan kelebihan batiniahnya yang besar.

  1. Naturalist

Kemampuan untuk mengenali dan memahami sifat-sifat alam (pantai, gunung, hutan, tumbuhan, binatang).

  1. Transendental

Selain kecerdasan akademis (IQ) & kecerdasan emosional (EQ), kecerdasan transedental (SQ) juga mutlak diperlukan dalam tumbuh kembang seroang anak yaitu naluri adanya kekuasaan transedental di luar dirinya yang diyakininya bisa memberi kekuatan, ketenangan, semangat bahkan berkat & hukuman.

ad 5. Gaya yang berkaitan dengan Pikiran (Gregorc) – mengetahui bagaimana pikiran bekerja

Saya cenderung:

__lebih suka melakukan banyak hal dengan cara yang sama

__lebih bisa bekerja dengan mereka yang tidak ragu-ragu dalam mengambil keputusan

__lebih tertarik pada apa yang terlihat daripada mencari makna yang tersembunyi

__lebih menyukai lingkungan yang bersih & teratur

__bertanya dulu “Bagaimanakah caranya mengerjakan hal ini?”

Total:____

Dalam hal Apa Mereka sangat Mampu?

Kata kuncinya: Fakta

Apa yang paling mudah dimengerti?

Apa yang sulit bagi mereka?

Apa yang ditanyakan ketika mempelajari sesuatu?

SK biasanya maju pesat dengan:

SK seringkali menjadi stress apabila:

Anda dapat mengurangi stress dengan:

Apa yang dikagumi Gaya Lain pada diri SK:

Persepsi Negatif dari Gaya Lain terhadap SK:

Tips untuk bisa bergaul dengan SK, anda harus:

Saya cenderung:

__ingin mendapat informasi sebanyak mungkin sebelum mengambil keputusan

__memerlukan waktu yang memadai untuk penyelesaian suatu tugas

__lebih suka mendapat pengarahan tertulis

__tertarik pada asal sumber fakta

__bertanya “Dimana saya bisa mendapatkan lebih banyak informasi?”

Total:____

Dalam hal Apa Mereka sangat Mampu?

Kata kuncinya: Prinsip yang mendasari

Apa yang paling mudah dimengerti?

Apa yang sulit bagi mereka?

Apa yang ditanyakan ketika mempelajari sesuatu?

SA biasanya maju pesat dengan:

SA seringkali menjadi stress apabila

Anda dapat mengurangi stress dengan

Apa yang dikagumi Gaya Lain pada diri SA?

Persepsi Negatif dari Gaya Lain terhadap SA

Tips untuk bisa bergaul dengan SA, anda harus:

Saya cenderung:

__lebih suka bertanya kepada orang lain sebelum mengambil keputusan

__berusaha untuk peka terhadap perasaan orang lain

__dapat bekerja sama dengan orang lain

__tidak terusik oleh lingkungan yang kacau

__minta pendapat orang lain tatkala bimbang

Total:____

Dalam hal Apa Mereka sangat Mampu?

Kata kuncinya: Hubungan Antar Pribadi

Apa yang paling mudah dimengerti?

Apa yang sulit bagi mereka?

Apa yang ditanyakan ketika mempelajari sesuatu?

RA biasanya maju pesat apabila

RA seringkali menjadi stress apabila

Anda dapat mengurangi stress dengan:

Apa yang dikagumi Gaya lain pada diri RA

Persepsi negatif dari Gaya lain terhadap RA

Untuk bisa bergaul dengan RA, anda harus:

Saya cenderung:

__memecahkan problem dengan cara baru

__bertindak tanpa dipikirkan lebih dahulu

__dapat bekerjasama dengan mereka yang mampu mengimbangi saya

__menyukai seringnya perubahan lingkungan

__lebih suka untuk mempelajari yang perlu syaa ketahui saja

Total:___

Dalam hal Apa Mereka sangat Mampu?

Kata kuncinya: Alasan yang bersifat Keharusan

Apa yang paling mudah dimengerti?

Apa yang sulit bagi mereka?

Apa yang ditanyakan ketika mempelajari sesuatu?

RK biasanya maju pesat apabila

RK seringkali menjadi stress apabila

Anda dapat mengurangi stress itu dengan

Apa yang dikagumi Gaya Lain pada diri RK

Persepsi Negatif dari Gaya lain terhadap RK

Tips untuk bisa bergaul dengan RK, anda harus

Artikel di atas, mungkin lebih jelas dengan mengklik ini : Bagaimana membuat anak Keranjingan Belajar ?

Berikut link dari wiki tentang mendorong Anak untuk suka belajar:

http://www.wikihow.com/Encourage-Your-Child-to-Love-Learning

Exit mobile version