Sekolah dengan Kurikulum Internasional Terbaik di Jakarta

Sekolah dengan Kurikulum Internasional terbaik berbasiskan homeschooling Kristen di Jakarta memberikan pembelajaran multikultur, yaitu keberagaman sisi ekonomi, sosial, serta budaya.

Pendidikan luar negeri memang sudah sangat maju, Australia, Inggris, Amerika memiliki standar pendidikan maju, beberapa alasan diantaranya adalah mempelajari konsep bukan menghafal rumus, penguasaan Iptek, dan penerapan aspek linguistic yang condong menerapkan bahasa dunia (bahasa Inggris) sebagai media penyampaian pesan.

HolyStar, sekolah dengan kurikulum Homeschooling International terbaik di Jakarta menggunakan kurikulum dari USA yaitu Accelerated Christian Education.

ACE (Accelerated Christian Education) atau disebut SOT (School of Tomorrow) di USA adalah kurikulum pendidikan yang paling mengakomodir semua temuan baru tentang proses belajar seperti Multiple Intelligence, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Keseimbangan Otak Kanan Kiri, ADHD & Autism.

Multiple Intelligence, EQ, SQ, & Keseimbangan otak Kanan Kiri :

  • Buku di ACE/SOT (PACE) dirancang untuk anak bisa belajar sendiri, tidak ada guru mengajar di depan kelas, kalau murid menemui kesulitan, dia angkat bendera, lalu guru akan datang ke meja anak tersebut untuk membimbing anak tersebut secara pribadi, di ACE/SOT disebut Individualized System.
  • Extra Kurikuler: Music, TechnologyArts, dll. Setiap tahun diadakan Student Convention untuk tingkat National, Asia Pacific dan International, yang membentuk anak-anak dalam mengasah ketrampilan (talenta & bakat), membangun karakter & belajar kepemimpinan di luar kelas, melayani orang lain (anak-anak lebih gampang bergaul karna di kelas anak sudah terbiasa berteman dengan anak lain yang berbeda level).
  • Setiap hari ada kebaktian, belajar & extrakurikuler (untuk menyeimbangkan otak kanan kiri & SQ).

Penguasaan Materi Pelajaran:

  • Buku/PACE ada sebanyak 12 buku untuk setiap mata pelajaran dalam satu tahun, Buku/PACE tipis sekitar 30 – 50 halaman per PACE, (Math. 12 buku, Social Studies 12 buku, dll), sehingga secara psikologis tidak membuat anak stress melihat buku tebal. Total ada 7 mata pelajaran sebagai Core Curriculum (Science, Social, Math, English, Word Building, Literature & Bible).
  • Tidak ada Ulangan UMUM/Mid. term/Final term, sehingga tidak membuat anak stress & cuma belajar 1 hari lalu lupa (short term memory). BANDINGKAN dengan cara belajar di ACE yaitu Repeating/Pengulangan. Di kurikulum ACE, satu buku/PACE terdiri dari 5 test yaitu: check up (ada 3 check up per PACE), self test, dan PACE test.  Tujuan ada 5 test dalam 1 buku tersebut supaya anak menguasai pelajaran dengan pengulangan sehingga bisa lulus PACE Test minimum 80%. Belajar dengan cara ini masuk ke long term memory.
  • Setiap anak harus menguasai pelajaran sehingga nilai minimum 80%, dibawah 80% anak harus re-do (re-do bisa berkali-kali sampai mendapat nilai 80%). Tujuan hal tersebut untuk membentuk karakter anak agar giat belajar. Sistem ACE/SOT tersebut dinamakan Mastery-Based Academic Excellence.
  • Pelajaran mudah untuk anak kelas 1-4, dan mulai sulit untuk kelas 5 keatas, membuat anak suka sekolah & tidak stress, serta membantu proses perkembangan otak anak (di kelas 5 anak akan lebih banyak berpikir secara analitis.)

Pembentukan Karakter (EQ) & Biblical (SQ):

  • Biblical, Character-Based Education di semua mata pelajarannya seperti Science, Social, Math., English  terdapat komik tentang pendidikan karakter & ayat hafalan.
  • Penghargaan tidak pada juara kelas tapi pada karakter seperti siapa yang paling sopan, paling suka menolong, paling bersih, paling rapi, paling disiplin, dll (ada 60 karakter.)
  • Walau tidak ada penghargaan untuk juara Kelas, tapi di ACE/SOT ada penghargaan untuk yang mendapat nilai 100 di pelajaran yang diberikan tiap minggunya.
  • Karakter bukan cuma dipelajari dalam teori, tapi dalam praktek keseharian di sekolah seperti soal isian di PACE diperiksa oleh si murid sendiri di meja scoring, sehingga murid belajar kejujuran tiap hari.

Standar ACE/SOT :

  • Standar bahasa Inggris yang  tinggi sekali menurut NARIC (Badan akreditasi di Inggris).
  • Lulusan ACE setara dengan Cambridge Internatioal Exams., menurut NARIC
  • Banyak lulusan ACE/SOT menerima beasiswa daripada sistem pendidikan lain.
  • Murid yang rajin bisa lulus lebih cepat dari semestinya.
  • Tidak ada anak yang tidak naik kelas, sehingga tidak membuat anak rendah diri & trauma seumur hidup.

” Buat anak kok dibuat coba-coba!”, itu kata salah satu iklan minyak kayu putih, apalagi di pendidikan. Dengan ACE Kurikulum, kita bisa memberikan sistem pengajaran yang paling sesuai untuk anak Anda, baik anak ADHD, Autism, malas maupun berbakat, anak dengan IQ tinggi ataupun rendah, bahkan anak yang biasa-biasa saja akan menjadi luar biasa kalau ditangani dengan baik. Karena kita tidak memakai sistem guru mengajar di depan kelas (karena anak kita bukan barang produksi – yang memperlakukan semua anak sama seperti memproduksi barang), tapi kita memberikan pengajaran secara personal/individual yang disesuaikan dengan karakter & kebutuhan setiap anak ini, dan sistem ini disebut individualized learning system.

Kurikulum ACE dibuat pada tahun 1970 tetapi mengakomodir semua temuan baru tentang proses belajar seperti Multiple Intelligence, Emotional Intelligence, Spiritual Intelligence, Keseimbangan Otak Kanan Kiri, ADHD & Autism sepertinya pembuat kurikulum ini diilhami oleh Tuhan.  Jadi tunggu apa lagi? Segera daftarkan anak Anda ke HolyStar Christian International School yang berbasis Homeschooling International di Jakarta.