Home   Uncategorized   International College / University di Indonesia

International College / University di Indonesia

Zaman semakin maju, persaingan juga semakin ketat. Di era globalisasi ini, lulusan sarjana diharapkan mampu bersaing di tingkat internasional. Untuk itu, beberapa universitas di Indonesia membuka kelas khusus yang bertujuan untuk mencetak dokter Indonesia dengan kompetensi internasional. Universitas mana saja? Yuk, kita kupas satu-persatu!

Swiss German University

http://www.sgu.ac.id/admission-procedure/

Jurusan-jurusan yang ada di SGU :

Faculty of Engineering and Information Technology
Information Technology
Mechatronics
Industrial Engineering
Faculty of Business Administration and Humanities
International Business Administration
Accounting
Communication & Public Relations
Hotel and Tourism Management
Faculty of Life Sciences and Technology
Biomedical Engineering
Sustainable Energy & Environment
Pharmaceutical Engineering
Food Technology

IULI ( International University Liaison Indonesia

https://www.iuli.ac.id/en/admission-process

dengan jurusan:

  • Engineering
  • Life Science
  • Business & Social

Sampoerna University  :

http://www.sampoernauniversity.ac.id/

dengan jurusan:

Business
  • Accounting
  • Management
Eduation
  • English Language Teaching
Science & Technology
  • Creative Design
  • Computer Games Technology
  • Information Securities Systems
  • Mobile Communication Technology

Universitas International Batam

http://www.uib.ac.id/

dengan jurusan :

School of Law
School of Economic & Business
  • Accounting
  • Management
School of Computer Science
School of Industrial Technology
School of Civil Engineering & Planning

Binus University International :

Eligibility & Requirements

dengan jurusan:

ENTRY REQUIREMENTS BINUS INTERNATIONAL
ACADEMIC YEAR 2015/2016

Major

High School Diploma*

General Requirements

Entrance Test

Accounting All Majors of SMA, SMK
  • Certificate of Good Health ( for Hospitality & Tourism Management)
  • Passing BINUS INTERNATIONAL Entrance Test
  • International TOEFL Score of 550 or better
  • Test of Written English Score of 4.0 or better
  • Official IELTS 6.5 overall or better WITH 5.5 for Writing Module or better
  • Official iBT (internet based TOEFL) Of 80 overall or better WITH 15 for Writing Module or better
  • Pre University English 150 hours if TOEFL scores are between 475-549 or TWE between 2,5-3,9
  • Interview
  • Test of Written English (TWE)
  • BINUS INTERNATIONAL English Proficiency Test (BIEPT)
  • BINUS INTERNATIONAL Entrance Test
    • Logic & Abstraction Non Verbal

    • Math Test (for Computer Science)
  • Drawing Test (for Graphic Design and New Media, and Fashion)
Communication All Majors of SMA, SMK
Computer Science SMA – IPA, SMK**
Fashion All Majors of SMA, SMK
Film All Majors of SMA, SMK
Graphic Design and New Media All Majors of SMA, SMK
Hospitality & Tourism Management All Majors of SMA, SMK
Information Systems All Majors of SMA, SMK
International Business All Majors of SMA, SMK
Marketing All Majors of SMA, SMK

* Senior High Certification from Overseas or International School in Indonesia needs to be legalized by the Department of National Education of Republic Indonesia.
** SMK Details for Computer Science: Technology, Computing, and Design (other major will be reviewed by Faculty of Computer Science)

Group Major
Technology & Industry Electronics
Graphics
Konstruksi Pesawat Terbang
Listrik
Pelistrikan Kapal
Teknik Informatika

International Fashion School di Jakarta

  • http://id.lasallecollege.ac.id/
  • http://www.esmodjakarta.com/
  • http://www.raffles-indonesia.com/
  • http://www.imbindonesia.com/en/

Universitas International Semen Indonesia

http://www.uisi.ac.id/prosedur-pendaftaran.php

Jakarta International College

http://www.ican-education.com/countries/indonesia/kuliah_dan_studi_di_jakarta_international_college_jic_indonesia

di JIC menawarkan program 1-2 tahun di Indonesia & melanjutkan sisanya di Australia / USA yang jauh dari rumah dan banyak orang tua yang khawatir kesejahteraan anak-anak mereka selama belajar di sana. JIC membantu untuk meringankan masalah ini dengan menawarkan pendidikan universitas internasional di Indonesia sampai siswa siap.

JIC bekerja sama dengan banyak universities di luar negeri, silhakan lihat websitenya untuk informasi lebih lanjut

Peguruan Tinggi Negeri yang membuka Kelas International

Kelas Internasional Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga

Mulai tahun 2010, FK Unair membuka program kelas internasional. Angkatan pertama kelas ini berisi sepuluh mahasiswa, terdiri dari 8 mahasiswa Indonesia dan 2 mahasiswa Malaysia. Persyaratan minimal yang harus dipenuhi oleh calon mahasiswa kelas internasional adalah lulus sekolah menengah atas dengan GPA minimal 3 dan TOEFL minimal 550. Setelah memenuhi segala kelengkapan pendaftaran, calon mahasiswa akan mengikuti tes yang dilaksanakan secara online. Kurikulum di kelas internasional tak jauh berbeda dengan kelas reguler. Semua mata kuliah yang diajarkan sama dengan kelas reguler dan lama pembelajarannya pun sama, yakni lima tahun. Lima tahun perkuliahan ini terdiri dari kuliah preklinik selama 2,5 tahun; paraklinik 1 tahun; dan klinik 1,5 tahun. Kuliah preklinik dibagi menjadi dua tingkat, tingkat pertama terdiri dari semester 1 dan 2, sedangkan tingkat kedua mulai semester 3 hingga 5. Yang berbeda adalah bahasa pengantar di kelas internasional menggunakan bahasa Inggris dan kurikulumnya berbasis block integrated, yang merupakan perpaduan antara sistem integrasi dan sistem blok. Rencananya, jumlah mahasiswa kelas internasional dibatasi maksimal tiga puluh orang. Suasana belajar yang privat ini memberi keuntungan tersendiri bagi mahasiswa kelas internasional. Suasana belajar lebih nyaman, efektif, dan mahasiswa tak perlu sungkan bertanya ke dosen. Untuk info lebih lanjut tentang kelas internasional di FK Unair, silakan klikhttp://int.fk.unair.ac.id.

Kelas Bahasa Inggris Fakultas Kedokteran Universitas Brawijaya

Di Universitas Brawijaya juga ada sebuah kelas berbahasa Inggris yang biasa disebut Kelas Bahasa Inggris (KBI). Program ini sudah ada sejak tahun 2000. Pendaftarannya melalui ujian mandiri Seleksi Program Kemitraan Sekolah (SPKS) mulai bulan Januari-Februari dan Seleksi Program Minat dan Kemampuan (SPMK) mulai bulan Juli. Untuk SPKS bentuk seleksinya berupa tes tulis dan non tulis menggunakan nilai rapor, sedangkan SPMK berupa tes tulis kemampuan dasar dan kemampuan IPA. Kurikulum KBI menggunakan kurikulum berbasis kompetensi, sama seperti kelas reguler. Mahasiswa dibagi menjadi kelompok kecil dan didampingi oleh seorang dosen. Bedanya, di KBI dosen lebih intens menyampaikan kuliah dalam bahasa Inggris. Satu semester terdiri dari dua blok. Di akhir blok ganjil ada UTS dan di akhir blok genap ada UAS. Mahasiswa KBI berjumlah sekitar enam puluh orang, lebih sedikit dibandingkan dengan kelas reguler. Dengan fasilitas yang lebih memadai, mahasiswa KBI juga mendapat pengalaman baru berkenalan dengan mahasiswa asing. Info lebih lanjut bisa diakses di http://www.fk.ub.ac.id

International Undergraduated Programme Faculty of Medicine Gadjah Mada University

Itulah nama resmi dari kelas internasional Universitas Gadjah Mada (UGM). Sama seperti kelas internasional lainnya, lulusan SMA yang ingin menjadi mahasiswa di kelas ini harus melalui tes tulis yang terdiri dari TPA dan tes kemampuan IPA, yang semuanya diujikan dalam bahasa Inggris. Selain itu, semua calon mahasiswa harus memenuhi syarat TOEFL minimal 450. Pendaftaran kelas internasional UGM dilakukan secara online. Pendidikan di kelas internasional berlangsung selama 5 tahun, yaitu 3,5 tahun menjadi sarjana kedokteran dan 1,5 tahun menjalani ko-asistensi. Kurikulum yang dianut adalah kurikulum berbasis kompetensi. Tiap semester terdiri atas tiga modul dan tiap modul berlangsung selama tujuh minggu. Jumlah mahasiswa satu angkatan sekitar 120 orang, dengan rincian 60 mahasiswa Indonesia dan 60 mahasiswa luar Indonesia yang mayoritas dari Malaysia. Jika ingin tahu lebih banyak mengenai kelas internasional UGM, silakan kunjungi websitenya di http://int.med-gmu.org/

Kelas Khusus Internasional Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia

Di UI, kelas khusus internasional (KKI) mulai dibuka pada tahun 2000. Tes masuknya terdiri dari tes TOEFL, kemampuan akademik kimia, biologi, dan fisika yang diberikan dalam bahasa Inggris, serta tes writing. Program KKI FK UI melibatkan kolaborasi internasional, yaitu University of Melbourne, Monash University, dan University of Newcastle. Oleh karena itu, program KKI di FK UI memiliki nilai tambah double degree. Setiap mahasiswa KKI yang lulus mendapatkan gelar dokter dari  Universitas Indonesia dan Bachelor of Medical Science dari University of Melbourne/Monash/Newcastle. Sama seperti mahasiswa regular, KKI juga menggunakan sistem modul namun dengan menggunakan bahasa Inggris. Di semester 1, mahasiswa diberi pelajaran tentang dasar pendidikan kedokteran, semester 2-6 tentang pendidikan kedokteran terintegrasi dan keterampilan klinik dasar, sedangkan semester 7-8 mahasiswa melaksanakan studi ke luar negeri. Mahasiswa dapat memilih sendiri universitas mana yang ia inginkan dari ketiga pilihan tersebut. Program yang dilaksanakan di universitas tersebut berupa coursework atau research project. Mahasiswa berkesempatan untuk mempelajari lebih mendalam tentang seluk beluk penelitian dan mengaplikasikannya dalam proyek riset.  Selanjutnya, semester 9-11 mahasiswa menjalani praktik di rumah sakit maupun pusat kesehatan masyarakat. Mahasiswa KKI FK UI berasal dari berbagai negara antara lain Malaysia, Iran, dan India. Selain ruang kuliah yang nyaman, keuntungan lain KKI adalah mahasiswa tak perlu repot mencari dan menggandakan handout karena semua telah disediakan oleh pengelola KKI. Info lebih lanjut tentang KKI UI dapat dilihat di www.fk.ui.ac.id.

Nah, itu tadi informasi tentang kelas internasional di beberapa fakultas kedokteran di Indonesia. Menjadi dokter yang mampu bersaing adalah penting. Kuliah di kelas internasional memberi kita nilai lebih untuk berjuang di era global. Namun jangan lupa, sebagai calon dokter Indonesia tetaplah mengabdi untuk bangsa!

 

Comments are closed.